7 Adab Membaca Al-Quran Yang Harus Diajarkan Terhadap Anak

https://worldquran.com– Anak-anak wajib diajarkan sejak dini untuk membaca al-quran karena Rasulullaah SAW pun bersabda yang artinya, “Seutama-utama ibadah umatku adalah membaca Alquran.”  (HR.Baihaqi)

Selain itu mengajari anak dalam membaca al-quran otomatis menumbuhkan rasa cinta terhadap al-quran, membaca al-quran atau biasa dibilang kegiatan mengaji ini memiliki banyak kebaikan, sehingga anak nantinya tidak asing dan bisa memahami al-quran adalah pedoman hidup.

Jika sudah memperkenalkan anak kita dengan al-quran, hendaknya kita juga arahkan bahwa al-quran merupakan tuntunan bagi umat islam, dan beri tahu juga bahwa agama lain pun memiliki kitabnya masing-masing, tidak lupa selalu ajarkan toleransi sehingga anak bisa menjadi bijak.

Sesudah itu ajarkan tentang adab-adab membaca al-quran agar anak faham cara menghormati dan menyikapi bahwa al-quran ini firman Allah yang mesti kita amalkan secara baik selama hidup.

Artikel ini akan membahas mengenai adab membaca al-quran yang nantinya anda bisa ajarkan kepada anak-anak anda kelak, mulai dari hal-hal kecil seperti membersihkan mulut sampai mengajarkan tajwid.

  1. Membersihkan mulut alias gosok gigi

Ajarkan anak anda membersihkan mulut terlebih dahulu, untuk membiasakan diri menyikat gigi dan berkumur. Apabila perlu kenalkan pada siwak. Siwak merupakan dahan atau akar dari pohon Salvadora persica. Dahan ini, bisa berfungsi sebagai pembersih gigi, gusi, juga mulut.

Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya, “Sesungguhnya mulut-mulut kamu merupakan jalan membaca al-quran, maka bersihkanlah dengan siwak (sikat gigi).”

Membersihkan mulut merupakan sunnah Rasul tentunya jika anda mengajarkan hal tersebut kepada anak anda, artinya anda sudah menanamkan nilai-nilai sunah nabi terhadap anak anda.

  1. Berwudhu

Setelah membersihkan mulut, kemudian ambilah air untuk wudhu. Berikan penjelasan bahwa ini merupakan membersihkan hadast kecil dalam islam dan wajib dilakukan sebelum membaca Al-quran.

Dalam qur’an surat Al-Waaqi’ah ayat 77-79 yang artinya, “Sesungguhnya Alquran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.”

  1. Menggunakan pakaian yang bersih 

Alquran adalah kitab suci salah satu penghormatan yang mesti kita ajarkan pada anak adalah memperlakukan al-quran begitu pula saat akan membaca nya kita hendaknya memakai pakaian bersih.\

  1. Niatkan untuk beribadah

Setiap ibadah harus dilakukan dengan niat, anak pun harus mengerti dan faham bahwa kita akan membaca al-quran karena Allah bukan mengharap pujian dari manusia.

  1. Membaca Taawudz dan Basmallah

Sebelum membaca surat hendaknya membaca taawudz terlebih dahulu kemudian masalah. Kecuali surat At-Taubah, tanpa awalan dan basmallah.

  1. Memperhatikan tajwid

Tajwid merupakan hukum bacaan al-quran, yang tentunya penting untuk diajarkan sejak dini terhadap anak agar membaca al-quran memperhatikan tartilnya.

  1. Membaca terjemahnya

Tidak hanya sekedar membaca ayat al-quran saja, tapi kita harus mengajarkan membaca juga dengan arti dari ayat tersebut, agar apa yang kita baca tidak menguap begitu saja. Mungkin tidak semua orang mengerti bahasa arab namun jika membaca dengan al-quran yang memiliki terjemah kita bisa memberikan pemahaman petunjuk apa yang hadir dalam al-quran tersebut. 

Leave a Comment