5 Rekomendasi Pilihan Pinjaman yang Cocok Buat Milenial di 2021

Di tahun 2021, generasi milenial yang tertua sudah memasuki usia 40 tahun, sedangkan yang termuda berada di rentang usia 25 tahun. Artinya, generasi milenial masih berada dalam usia produktif untuk bekerja dan menghasilkan sesuatu. 

Dalam rentang usia ini jugalah, generasi milenial umumnya masih bisa mengajukan pinjaman ke berbagai lembaga pinjaman untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan yang sudah direncanakan seperti pendidikan atau KPR, sampai pinjaman untuk kebutuhan mendesak. 

Dibanding beberapa tahun lalu, jenis pinjaman saat ini sudah lebih beragam. Baik dari sisi lembaga maupun tipe pinjamannya itu sendiri yang terbagi-bagi sesuai kebutuhan. Untuk milenial dalam usia produktifnya, secara umum ada 5 rekomendasi pilihan pinjaman yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu: 

Kredit Cepat dari Fintech Berizin

Selain diajukan karena rencana atau tujuan masa depan seperti menikah atau kuliah, pinjaman juga kerap diajukan karena kondisi keuangan yang mandek. Apalagi di tengah pandemi yang berdampak pada menurunnya perekonomian. 

Jika kamu butuh pinjaman, tapi masih memiliki penghasilan dan kemampuan bayar, maka ada layanan kredit cepat dari fintech berizin seperti Kredivo. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk daftar akun dan mengajukan pinjaman. 

Kredivo menawarkan layanan kredit cepat untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kredit online berbagai barang di merchant seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Lazada, hingga kredit cepat berbentuk dana tunai dengan bunga rendah. Dengan fitur pinjaman tunai yang ada di aplikasi Kredivo, kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari 500 ribu sampai dengan Rp 30 juta (sesuai limit yang didapat dan tersedia untuk tenor 6 bulan). 

Sementara tenornya, kamu bisa memilih 30 hari, 3 bulan, atau maksimal 6 bulan, dengan suku bunga pinjaman hanya 2,6% per bulan dan biaya admin di awal sebesar 6% dari total pinjaman. Selain daftarnya mudah dan cepat, pinjaman dengan Kredivo juga bisa cair hanya dalam waktu 1 hari kerja, lho. Kalau sudah memiliki limit di Kredivo, kamu bisa bertransaksi atau mengajukan pinjaman kapan saja sesuai kebutuhan. Dengan catatan, histori pembayaran baik dan limit kreditnya mencukupi.

Pinjaman Pendidikan

Buat kamu yang berencana melanjutkan pendidikan dan butuh pinjaman dana, kamu bisa memilih langsung pinjaman khusus pendidikan yang ditawarkan oleh bank maupun fintech. Bank plat merah seperti BRI atau Mandiri memiliki jenis pinjaman yang satu ini yang bisa kamu coba. Bukan cuma bank, fintech seperti Cicil atau Danacita juga menawarkan pinjaman pendidikan khusus untuk mahasiswa S1/S2/S3. Tentunya dengan regulasi masing-masing. Yang pasti, rata-rata pinjaman pendidikan untuk pendidikan lanjut seperti S2 atau S3 biasanya akan disertai syarat jumlah penghasilan tertentu yang harus dipenuhi. 

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Bagi kamu yang berniat membangun atau mengembangkan usaha, maka pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah pilihan yang tepat. Sama halnya dengan pinjaman pendidikan, KUR kini bukan hanya diselenggarakan oleh perbankan, tetapi juga berbagai fintech yang sudah terdaftar di OJK. Hanya saja, perkara suku bunga, biasanya bank lebih memiliki bunga yang lebih rendah dan tenor yang panjang untuk kredit modal usaha dibandingkan fintech. 

BNI, BRI, dan Mandiri adalah 3 bank plat merah yang saat ini memiliki program KUR dengan syaratnya masing-masing. Untuk BRI misalnya, KUR diperuntukkan bagi individu atau perorangan yang sudah memiliki usaha berjalan minimal 6 bulan, punya toko di e-commerce, tidak sedang menerima kredit dari bank lain, serta memiliki Surat Izin Usaha. Plafon pinjaman yang tersedia maksimal sampai Rp 50 juta. 

Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank

Sesuai namanya, Kredit Tanpa Agunan adalah kredit yang bisa diajukan tanpa perlu memiliki atau menjaminkan aset atau harta benda pribadi. KTA pada dasarnya mirip dengan kredit cepat dari fintech seperti Kredivo. Hanya aja, istilah KTA sudah umum atau dikenal menjadi layanan pinjaman yang ditawarkan oleh bank. 

Biasanya, pihak bank akan menawarkan KTA bagi nasabah yang memiliki kartu kredit bank tersebut dengan histori pembayaran baik, hingga nasabah yang memiliki rekening payroll di bank tersebut. Dengan begitu, bank bisa memiliki data profil nasabah beserta kemampuan bayarnya untuk kemudian ditawari layanan Kredit Tanpa Agunan. Jika kamu butuh uang pinjaman dan punya kartu kredit, kamu bisa coba bertanya atau mengajukan pinjaman KTA kepada bank penerbit kartu kreditmu. 

KPR Milenial dari Bank BUMN maupun Swasta

Rumah adalah aset atau liabilitas yang biasanya menjadi tujuan jangka panjang millenial di usia produktifnya. Nah, KPR adalah cara beli atau kredit rumah yang paling banyak diminati, baik itu dari bank BUMN maupun bank swasta. Kabar baiknya, dua bank BUMN yaitu Mandiri dan BTN memiliki produk KPR khusus milenial, lho. Begitu juga dengan BNI yang memiliki produk KPR bernama BNI Griya. 

Dibanding kredit lainnya, KPR memiliki regulasi dan detail yang lebih ketat sehingga harus dipelajari dan direncanakan dengan sebaik-baiknya. Sebab, dengan mengambil KPR, artinya kamu berkomitmen untuk membayar angsuran minimal 10 tahun hingga 25 tahun ke depan. 

Leave a Comment